Apa itu Semen Mortar dan Kelebihannya

Semen mortar bagi pelaku usaha bangunan atau orang yang bekerja dalam bidang construction pasti sudah familiar dengan bahan bangunan satu ini. Yup Mortar atau istilah lainnya semen instan.

Pengertian mortar adalah campuran dari agregat halus dengan agregat kasar dengan takaran tertentu fungsinya sebagai  pengikat. Sama halnya seperti semen. Makin berkembangnya teknologi pada semen instan (mortar) dimasukan bahan filler sebagai pengisi dan additive.

Ada beberapa produsen yang menambahkan zat aditif kedalam mortar ada pula yang menambahkan abu vulkanik untuk meningkatkan kekerasannya di dalam air, gerabah halus atau terakota, aluminium oksida, silikon dioksida, dan bahan-bahan kimia lainnya. Dengan menambahkan ke dalam adonan pembentuk semen intan. Biasanya zat-zat aditif tersebut mempunyai sifat antara lain tahan terhadap getaran, keretakan, tekanan, dan rembesan air. Sejumlah bahan-bahan kimia tadi, semen instan mempunyai karakteristik yang berbeda daripada semen konvensional.

gambar-mortar-hebel

Pengertian mortar secara sederhananya menurut orang awam adalah bahan banguan yang dapat digunakan untuk acian (finish coat), plesteran dinding, perekat bata ringan hebel (thin bed), memasang keramik (floor screed) dan masih banyak kegunaanya.

Kok kegunaanya kayak semen ? emang betul gan, hanya saja semen mortar lebih efisien dan praktis. Tidak butuh campuran lain dalam aplikasi pemasangan. Tinggal di tambahkan air saja. Penggunaan semen instan saat pengacian dinding sangat praktis, dengan mortar maka hasil yang didapat lebih baik dan juga mengurangi keretakan yang biasa terjadi apabila mengunakan semen biasanya.

Pada jaman dulu, sebelum adanya penggunaan semen mortar instan nenek moyang kita membangun candi2 menggunakan putih telur sebagai lem atau perekat batu yang disusun menjadi candi. sekarang dengan berkembangnya teknologi gak perlu repot repot dan bersusah payah mengumpulkan telor, coba bayangkan habis berapa ton saja untuk sekedar membangun rumah. Hehehehe. Niatnya pengen irit malah yang ada tambah mahal dan repot banget.

Di Indonesia pengnggunaan semen instan baru masuk sekitar tahun 90 an. Adapun merek morar yang diproduksi di Indonesia dari yang sekelas pabrikan dan ada pula skala produksi home industry. Untuk pabrik yang produksi bias berton-ton merk yang terkenal antara lain adalah Dry mix, MU (mortar utama), Sun mortar, Fast mortar, Fm-101, SK utama, Citra mortar, dan lain-lain.

Nah berikut ada beberapa Kelebihan Semen Mortar antara lain : 
  • Mudah dan Praktis
Mortar atau yang biasa disebut semen instan dalam penggunaannya mudah dan praktis. karena tidak butuh pasir dalam pemakaiannya. anda hanya menambahkan air dalam jumlah tertentu kemudian dicampur dan diaduk rata dengan mortar.
  • Hemat Biaya dan Waktu
Memang harga 1 zak semen instan lebih mahal dibandingkan semen biasa, akan tetapi keefisien dalam pengerjaan sehingga menghemat waktu pengerjaan menjadi cepat selesai. anda tidak usah membeli pasir karena dalam mortar sudah terdapat pasir silica yang baik.
  • Daya rekat lebih baik
Daya rekat mortar bisa dikatakan lebih baik dibandingkan semen biasa. karena didalam mortar terdapat zat yang tidak terdapat pada semen biasa. Mutu produk terjamin dan diawasi oleh ahli yang berkompeten dalam bidangnya. missal dalam memasang bata hebel harus menggunakan mortar khusus bata ringan nggak bisa menggunakan semen biasa.
  • Kualitas terjamin
Dalam proses pembuatannya mortar instan  telah melewati pengawasan yang ketat dan bahan baku yang digunakan berkualitas. dan dalam pembuatannya menggunakan mesin yang modern sehingga terbentuk campuran yang homogen.  hal ini membuat kualitas mortar terjamin.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Semen Mortar dan Kelebihannya"

Post a Comment